Fungsi-fungsi
Perusahaan yang dapat diolah oleh aplikasi ERP
(1)
akuntansi,
(2)
keuangan,
(3)
sumberdaya manusia,
(4)
pemasaran
(5)
dan logistik.
Modul-modul Fungsi
akuntansi à Aplikasi ERP :
(1)
buku besar;
(2)
piutang
dagang;
(3)
hutang
dagang;
(4)
aktiva
tetap;
(5)
manajemen
kas
(6)
dan
akuntansi biaya.
Modul-modul fungsi
keuangan à aplikasi ERP :
(1)
analisis
portofolio;
(2)
analisis
risiko;
(3)
analisis
kredit;
(4)
manajemen
aktiva;
(5)
sewa-guna
(6)
dan manajemen real-estate.
Tujuan perusahaan
membeli paket ERP :
1.
menerapkan aktivitas-aktivitas mata rantai/value chain : logistik bahan mentah,
produksi, logistik bahan jadi, penjualan, pemasaran dan jasa purna-jual;
2.
mendukung aktivitas bisnis fungsional meliputi : proses akuntansi,
keuangan, sumberdaya manusia, dan fungsi-fungsilain.
Manfaat-manfaat ERP yang berhubungan dengan
teknologi informasi antara-lain :
1.
membeli
paket ERP : waktu lebih cepat, biaya relatif murah, dan kemampuan terjamin;
2.
arsitektur
TI : menghemat biaya.
Produk mySAP.com, aplikasinya berbasis pada
supply chain sebagai kekuatan produk, dan mempunyai modul-modul antara-lain :
1.
advance
planner and optimizer;
2.
logistic
execution system;
3.
logistic
meliputi sub-sub modul :
a.
production
planning;
b.
project
system;
c.
materials
management;
d.
quality
management;
e.
plant
management;
Lima submodul diatas berhubungan
dengan produksi.
f.
product data
management;
g.
sales and
distribution;
Dua submodul di atas berhubungan
dengan penjualan.
h.
logistic
information system.
Submodul di atas berhubungan dengan laporan-laporan
produksi dan penjualan.
Untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan
pesaing bisnis dapat digunakan aplikasi inteligensi bisnis / business
intelligence yang terdiri dari beberapa modul antara-lain :
(1)
business
information warehouse;
(2)
knowledge
management;
(3)
strategic
enterprise management.
Hasil kajian ERP
dalam e_Business ini dapat disimpulkan seperti-berikut :
1.
Setiap perusahaan harus menyadari bahwa era
globalisasi harus dihadapi dan diatasi dengan meningkatkan kualitas sumber daya
manusia dan menerapkan fungsi manajemen secara optimal dengan menggerakannya di
setiap area fungsional perusahaan yang dibantu dan didukung sistem komputer;
2.
Operasi bisnis yang berbasis komputer khususnya e-Business pada setiap
perusahaan harus mengutamakan pelayanan pelanggan bahwa proses transaksi dan
kerahasiaan data pelanggan terjamin;
3.
Proses membeli ERP adalah membutuhkan investasi yang relatif mahal maka
diperlukan proses seleksi dan pemilihan sistem ERP dengan mengikuti
langkah-langkah seperti-berikut :
a.
memilih vendor ERP yang tepat;
b.
meminta proposal dari vendor;
c. menjaring vendor yang tepat melalui proses benchmark;
d.
mengevaluasi vendor yang lolos seleksi dengan mempertimbangkan
faktor-faktor :
-
mudah digunakan;
-
modularitas dan kemudahan modifikasi;
-
kecepatan proses;
-
kelengkapannya;
-
pengendalian terprogram;
-
dukungan-dukungan lain : pelatihan, dokumentasi manual, bantuan
instalasi dan operasi, garansi, backup bila terjadi perubahan versi, bantuan
kustomisasi jika ada modifikasi,
reputasi vendor, pengalaman vendor;
e.
membuat kontrak mencakup : jaminan garansi, kewajiban akibat putus
kontrak, pinalti jika terjadi keterlambatan/kegagalan, cara pembayaran, dan
pengaturan-pengaturan lain;
4.
Pemanfaatan dan penerapan aplikasi ERP untuk memudahkan operasi bisnis
setiap perusahaan dalam menghadapi pesaing bisnis dalam meningkatkan pelayanan
terhadap pelanggan maupun pemasok sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan
bsinis yang optimal;
5.
Setiap perusahaan yang membeli ERP, dalam proses implementasi ERP harus
menggunakan metodologi dan teknik yang tepat, mengingat harganya relatif mahal.
Teknik dan metodologi tersebut meliputi : teknik manajemen risiko, teknik
manajemen proyek dan program, teknik manajemen perubahan, teknik proses
desain-ulang, dan metodologi Accelerated SAP (ASAP).



0 komentar:
Posting Komentar