Penerapan konsep sistem industri à sistem
perguruan tinggi à Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi (continous educational process
improvement) :
(1) Adanya ide-ide untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi,
pengembangan kurikulum,
(2) Proses pembelajaran,
(3) Pemuasan pengguna lulusan (pelanggan) dan alumni.
(4) Adanya umpan-balik yang berasal dari pengguna lulusan dan alumnià
mendesain ulang kurikulum dan memperbaiki proses pendidikan perguruan tinggi
yang ada.
Empat komponen utama penerapan Roda Deming à
manajemen Perguruan Tinggi :
(1) Riset pasar tenaga kerja,
(2) Desain proses pendidikan yang dinamis dan berorientasi pasar,
(3) Operasional proses belajarmengajar yang terkontrol, dan bertanggung jawab
menyerahkan tepat waktu lulusan yang adaptif, kompetitif dan berkualitas baik,
(4) Mampu berkompetisi dalam persaingan global yang sudah dimulai sejak 2003.
Ciri-Ciri Metode Pembelajaran Baru (Smith,
2000) sbb:
(1) Mempelajari banyak hal, bukan hanya yang menjadi pemikiran
(2) Mempunyai perencanaan jauh ke depan
(3) Menciptakan program individual
(4) Pembelajaran menggunakan media elektronik
(5) Pusat pembelajaran menggunakan pelatihan berbasis komputer
(6) Pembelajaran berkaitan dengan sasaran bisnis
(7) Lingkungan pembelajaran yang positif dan bersifat proaktif
(8) Pelatihan dilakukan just-in-time berdasarkan kebutuhan
(9) Teknologi merupakan kawan dan menjadi faktor penggerak seluruh kegiatan
(10) Media elektronik merupakan aset yang berharga.
Fungsi-fungsi dalam manajemen
perguruan tinggi modern berbasis sistem manajemen mutu :
(1)
Fungsi Riset & Pengembangan
(2)
Fungsi Pemasaran
(3)
Fungsi Operasional
(4)
Fungsi Pengendalian Mutu
(5) Fungsi
Administrasi & Keuangan



0 komentar:
Posting Komentar